fungsi jaket

Jaket atau baju jaket sudah menjadi kebutuhan utama para pengendara sepeda motor sejak dulu. Baju dengan kain berlapis, tebal, berlengan panjang, dan memiliki bukaan di bagian depan dari leher ke bawah ini hadir sebagai baju penahan angin dan cuaca dingin.
Tidak hanya para pengendaramotor, orang yang kesehariannya menjadi commuter, bepergian dengan kendaraan umum sama secara rutin, juga suka memburu jaket-jaket yang dijual di berbagai macam distro (distribution store) atau toko tertentu.
Para commuter umumnya adalah para pekerja yang banyak menghabiskan waktu di jalan dengan bus, kereta listrik, atau angkutan umum lainnya. Mereka mengenakan jaket supaya tubuh mereka terlindungi dari hawa udara yang dingin dan sekaligus sebagai fashion.
Fungsi jaket bukannya mengalami pergeseran menjadi fesyen tetapi ada penambahan fungsi karena modelnya yang kian beragam. Jacketdalam istilah bahasa Inggris dapat berarti 'jas', 'jaket kulit', atau 'jaket olah raga'.
Jaket yang diperuntukkan bagi pengendara motor biasanya terbuat dari bahan taslan yang anti air atau kulit oscar. Sementara itu, untuk kebutuhan fesyen, jaket umumnya terbuat dari bahan wol, twist, fleeceyang lembut, dan bahan lotto.
Tips Memilih Jaket
Sebelum membeli jaket, ada baiknya Anda perhatikan untuk keperluan apa jaket tersebut. Apakah untuk berkendara dengan sepeda motor, untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja atau kuliah, atau untuk multifungsi yaitu berkendara dan melakukan rutinitas sehari-hari.
Jaket untuk berkendara dapat anda pilih sesuai kriteria sebagai berikut.
  • Pilih jaket dengan bahan yang bisa dipakai untuk segala kondisicuaca, seperti jaket kulit yang tahan terhadap cuaca panas maupun dingin, siang dan malam. Selain itu, ketika terjadi kecelakaan jaket kulit bisa meminimalisasi luka yang mungkin diterima oleh tubuh.
  • Jika bepergian naik motor pada malam hari, Anda bisa mengenakan jaket berbahan sintetis, yaitu perpaduan bahan kulit dengan taslan. Bahan jenis ini mudah untuk dibersihkan.
  • Jaket jeans atau denim juga bisa dijadikan sebagai alternatif jaket motor sekaligus fesyen. Tekstur rajutannya yang tebal mampu mengatasi terpaan angin yang kencang. Jaket jenis ini cocok digunakan sebagai jaket club.
  • Perhatikan pula warna jaket, diusahakan saat membeli Anda memilih warna terang supaya terlihat oleh pengendara lain. Jangan beli jaket yang asal murah dan keren tapi tidak mendatangkan fungsi nyaman bagi Anda.
Jaket fesyen dapat dipilih berdasarkan hal-hal berikut.
  • Bahan. Kebanyakan jaket terbuat dari kain tebal dengan bahan pelapis dan bahan penghangat di bagian dalam, seperti bulu angsa atau bulu-bulu halus burung. Bagian luar jaket biasanya dari bahan wol, twist, atau lotto yang halus seperti beludru.
  • Desain. Anda yang bertubuh ramping, ada baiknya memilih jaket yang tidak terlalu pas dengan badan, pilih yang longgar sedikit dan dengan variasi warna lembut yang chic, serta cappucone, penutup kepala yang menempel pada badan jaket, sebagai tambahan supaya terkesan modis. Anda juga bisa kombinasikan dengan obi atau ikat pinggang dari bahan untuk kesan langsing tinggi. Anda yang gemuk bisa pilih jaket dengan warna yang tidak terlalu terang dengan alur garis ke bawah pada motif jaket bagian depan.
Share

0 komentar:

Posting Komentar